Main shortcutMenu shortcuts

Detail

NoviajiNoviaji: Anthony Steven:
Teman-teman,

Saya akan sharing sedikit mengenai penggunaan prinsip hipnosis dalam marketing. Sering juga disebut hypnoselling.

Banyak orang berasumsi bila menguasai hypnoselling, maka dia dapat menjual produk apa saja kepada konsumen tanpa halangan. Nah, ini merupakan asumsi yang salah. Parahnya, kadang dimanfaatkan oleh para EO untuk membuat acara seminar dengan iming-iming diatas.

Sebenarnya bagaimana sih hypnoselling itu? Hypnoselling terdiri dari dua kata, hypnosis dan selling.

Bila ingin menguasai hypnoselling, tentu pertama-tama harus menguasai hypnosisnya terlebih dulu. Ini tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat, karena selain perlu pengertian dan dasar teori yang benar, perlu praktek untuk pembiasaan, baik dalam kita menyusun kata-kata, maupun menelaah kata-kata lawan bicara untuk mendapatkan makna yang tersirat.

Lalu setelah anda menguasai ilmu hypnosisnya, anda harus menguasai pula "selling"nya.

Selling ini sendiri, menurut saya terbagi dua, yaitu menjual pada diri sendiri, baru ke orang lain.

Artinya, anda harus yakin, bangga, suka, dan "mau membeli" produk anda sendiri sebelum anda dapat menjual hal ini pada orang lain.

Nah, biasanya orang ada ganjalan dan problemnya disini. Bila hal ini tidak dibereskan, maka orang lain akan segera tau bahwa anda hanya jualan demi profit semata.

Atau bila anda hafal dan ditraining mengenai produknya pun, itu hanya akan terasa seperti hafalan atau fanatisme semu. 😊

Jadi hal yang perlu kita bereskan dalam marketing, sebenarnya diri kita sendiri. Apakah kita benar-benar mau "membeli" produk yang kita jual? Apakah kita nyaman dalam memasarkan pada orang lain?
Bagaimana handle complain terhadap produk kita? Jangan sampai, orang kritik produk, namun kita merasa diserang secara pribadi.

Baru setelah semuanya beres, kita perlu ilmu marketing, product knowledge dan ilmu mengenai komunikasi, pendekatan ke orang dan sebagainya.

Hal ini juga akan saya sharingkan di Semarang besok selasa. Saya rasa perlu saya infokan ke teman-teman mengenai hal ini. Supaya anda punya pemahaman yang benar mengenai hypnoselling.

Jadi bila ada seminar atau workshop mengenai hal ini, anda dapat mempertimbangkan dengan tenang dan nyaman. Apakah sudah perlu dan siap mempraktekkan hypnoselling ini.

Demikian sharing singkat saya siang ini.

Buat yang disemarang, bisa ikut acara besok.
4 months ago from Jawa Tengah
View 2 more comments
Sign in and add friend to comment