Main shortcutMenu shortcuts

Detail

DimasDimas: Hari ini 25 tahun lalu, tepat 24 september 1991... dua album hebat dr dua band besar yg pernah lahir di dunia di rilis bersamaan.

Yang pertama adalah Red Hot Chili Peppers (RHCP) atau band yg biasa disebut dlm bahasa sunda menjadi cabe beureum lada euy ini menelurkan album Blood Sugar Sex Magik. Album yg disebut sebagai pencapaian terbaik RHCP (sebelum pencapaiannya disamai oleh album Californication tahun 1999) ini lumayan booming & dianggap melahirkan genre baru yaitu funk rock. Digawangi Anthony Kiddies, John Frusciante, Flea & one of my fav drummer Chad Smith, di album ini melahirkan hits "Under the Bridge" & "Give It Away". Album2 RHCP sendiri jarang melahirkan lagu2 yg hits semua dalam satu album. Namun penampilan live mereka dikenal selalu ditunggu penonton karena enerjik & memukau. Sampai2 di ajang Woodstock 99, Dave Mustaine frontman Megadeth menyebut penonton dengan kalimat "booriingg" karena sedikitnya penonton yg menyaksikan Megadeth tampil & lebih memilih menonton RHCP di stage yg berbeda, di jam main yg bersamaan (apes). Poor Megadeth...

Yang kedua adalah sebuah band yg mampu merubah sejarah musik dengan aliran grunge-nya. Nirpana (in sundanese spelling 😜), nama band tersebut yg melahirkan album yg terjual jutaan kopi yaitu Nepermind (in sundanese spelling)... Kurt Cobain, Krist Novoselic & Dave Grohl, punggawa band tersebut dengan berani mampu membuat suatu genre baru ditengah serbuan heavy metal, hard rock & glam rock saat itu. Terbukti album ini sukses di pasaran dan menjadi satu2nya album yg mampu menggeser album Dangerous milik Michael Jackson dari tangga teratas billboard saat itu. Wajar saja, semua track di album ini emang dahsyat. Siapa yg ga ajrut2an ketika dengar intro track pertama album ini yaitu "Smells Like Teen Spirit"? Atau manisnya alunan "Come As You Are". Favorite saya sendiri di album Nevermind adalah "Breed", "Territorial Pissings" & "Stay Away"...Lahirnya genre grunge juga sekaligus mengukuhkan scene seattle-sound yg merajai peta musik awal 90an oleh Nirvana, Pearl Jam, Sound Garden, Alice in Chains atau Stone Temple Pilots.

Jadi yg terbaik menurut anda yg mana?

Kalau saya, Nirvana....
9 months ago from Sukaraja
View 10 more comments
Sign in and add friend to comment