Main shortcutMenu shortcuts

Detail

BadutromantisBadutromantis: Prakata di Bulan Sumpah Pemuda


Tentang Regenerasi Musisi

Di beberapa acara kerapkali berjumpa dengan para musisi muda yang antusias ingin berkarir dalam musik. Sekolah tinggi musik pun kini bukan menjadi tujuan yang mustahil sebagai pilihan lanjut setelah sekolah menengah.

Banyak harapan bertebaran saat ini. Melihat Indonesia dan perkembangan musiknya yang selalu berbalut rasa pesimis. Infrastrukturnya belum bisa menjadikan seorang musisi mandiri dan sejahtera dengan karir musiknya.

Namun siapa sangka, saat era regenerasi kini. Para kaum muda mampu menembus batas dan menjadikan musik adalah acuan profesi. Mereka mampu memupuk kharismanya, membentuk pasar, meyakinkan orangtua dan lingkungan sekitar, untuk mendukung apa yang mereka lakukan.

Konon tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya akan melahirkan banyak musisi prodigi yang percaya diri. Tidak hanya terlahir dengan keterampilan musik di atas rata-rata. Namun lingkungan pun sudah mulai menerima bahwa musik bisa hidup dan menghidupi.

Regenerasi ini perlu ditanggapi dengan gembira. Musisi-musisi yang sudah terlebih dahulu jatuh bangun tidak perlu takut merasa tersaingi, ini malah bisa menjadi ajang kolaborasi dan mengukuhkan eksistensi, sebagai musisi produktif yang tak lekang waktu.

Bagaimana dengan industri?
Ada kalanya kita mesti mengenali diri untuk tahu kemanakah akan berjalan. Setelah cukup mengenali, barulah langkah kedua adalah berkenalan dengan industri. Bilamana strategi dilakukan terbalik, industri akan membentuk jati diri kita menjadi korban jaman bukan anak jaman yang mandiri menghadapi industri.

Mengenali diri, berkolaborasi, berteman dengan industri serta menciptakan pasar, adalah beberapa cara untuk hidup dalam ekosistem musik yang sehat.

Bukankah dengan hidup dalam ekosistem musik yang sehat merupakan cara yang paling ampuh untuk bertahan menjadi musisi yang optimis?

Selamat bulan Sumpah Pemuda para musisi-musisi dan penikmat musik yang berjiwa menolak tua.
With aria and Degely
2 months ago
Sign in and follow Badutromantis